Selasa, 01 Mei 2012

Cinta Pertama Itu Pacar Pertama ?


Anda mungkin mudah mengartikan cinta bahkan cinta pertama. Namun bagaimana dengan seorang ‘playboy‘ atau ‘playgirl‘ (entah bener gak istilahnya). Kalo ‘player‘ beda ya ?  Ya pokoknya mereka yang suka gonta-ganti pacar lah. Mereka ini, kalo ditanyain soal cinta, jawabannya selalu berdasarkan pengertian sendiri yang acap kali gak biasanya kita denger (berlaku umum), namun kadang masuk akal juga.
Nah saya punya seorang sahabat, sebut saja x. Dulu dia dijuluki sebagai seorang ‘playboy cap duren tiga‘.  Itu lho, julukan si ‘Boim’ dalam cerita ‘Lupus’. Ada yang tau artinya ? Ya sudah kalo ga tau. Kebetulan dulu juga ada merk korek api ‘cap duren tiga’ tahun segitu, mungkin bisa bikin ‘terbakar’ atau ‘membara’ ya ?
Saking banyak mantannya, kalo ditanya siapa yang dia cintai, dia akan bingung menjawabnya. Bagi dia, perasaan cinta boleh lebih dari satu orang. Mungkin karna itu, dia menebar cinta kemana-mana. Mungkin juga setiap minggu cintanya bisa berubah-ubah. Entah lah !
Nah, saya ingat pernah bertanya padanya sekian tahun yang lalu, megulang lagi sepak terjangnya jaman dulu. Saya gak inget benar, isi pembicaraan itu, namun karena kenal wataknya, mungkin saya bisa mengulang kembali tanya-jawab imajiner dengan mantan si ‘playboy kabel’ ini juga.
***
“Nah lho, cinta yang diomongin. Tumben !? Inget yang masa keemasan ya ? ”  Gak kok cuman inseng ! Tapi ini rada-rada serius juga sih. Lagian kadang bingung apa yang disebut cinta itu sendiri
“Nah dirimu sendiri yang jagoan meong itu, punya definisi cinta gak ?” Saya punya dong ! Cinta itu ya cinta, di pikiran kita hanya “si dia”, gak ada orang lain !
“ah masak sih ?” Ya begitu kan ? Kalo gak cinta masak selalu ada dipikiran kita !
“Lalu, si dia yang mana ? Yang tahun berapa ?”  Hmmm (*mikir)  yang sekarang aja ya ?!
“Ya udah yang sekarang deh ! ‘Si dia’ yang mana ?” Hmmm (lagi), yang di rumah apa di kantor apa yang di dunia maya ?!
“Lha emang ada berapa ’si dia’ ?” Hmmm, Entar ! Saya itung dulu ! Si anu, terus si anu.. Tapi si anu juga sih.
“Nah lho ada berapa si anu ?” Banyak pokoknya, tergantung situasi dan kondisi !
“Buset pake gitu segala ? Lalu menurutmu, mereka semua kamu cinta ?” Hmmm (dasar pikun) kayaknya sih gitu !
“Jadi cinta menurutmu, boleh dong lebih dari satu ?” Kayaknya sih boleh ya ! Menurt pengalaman sih gitu tuh !
“Kalo begitu, cinta pertama mu siapa dan kapan ? Cinta pertama lho ini ! Berarti harusnya satu orang !” Hmmm emang ga boleh lebih dari seorang ya ?
“Ya jelas, hanya satu orang ! Siapa ?” Emang cinta pertama kayak apa sih ?
“Ya ampun, tadi bilang punya definisi cinta ! Cinta pertama itu, ikan asin dikasih sambel makan pake nasi panas ! Hadeuh, ya coba diinger-inget. Misalnya pertama kali dirimu tertarik sama lama jenis !” Kalo itu sih bisa juga sejak SD !
“Hah sejak SD ??? Maksud saya.. hmm.. (ikutan mikir), dirimu pertama kali tertarik dengan seseorang lalu ingin dia menjadi pacar kamu ! Gitu pokoknya !” Ohh itu marilyn monroe
“Ya ampun susah juga diomongin ! Itu kan udah di alam baka ! Emang kamu umur berapa sih ?” lha kamu sendiri umurnya berapa ? pokoknya banyak !
“Susah juga ! Maksud saya yang nyata, bisa kamu lihat, bisa kamu ajak omong, bisa kamu deketin. Bukanya yang dikhayalan ! Payah lu !” Oh itu, ada ! Ibu Guru !
“hahaha, ta lempar juga kamu pake sapu ! Bukan itu, yang sepanteran umurnya sama kamu !”  Oh begitu ! Si Dina, Iyen, Dessy, Lisa dan…..
“Haduh banyak amat ! Saya bilang cuman satu ! yang pertama dari mereka siapa ?” Gak tau, kayaknya barengan deh !
“Lha itu waktu kamu SMP ?” Bukan ! “lalu ?” Waktu SD!
“capek omong sama kamu ! Tapi ok lah, anggap saja SD ! Lalu siapa ?” Si lisa deh, perasaan !
“Kecil-kecil pikiranmu udah tua aja ! Baru SD udah mikir pacaran !” Lha emang salah ? Kan boleh aja. Kamu kan nanya cinta pertama ? Ya itu pokoknya !
“Lalu kamu pacarin si Lisa ?” Gak ! Cuman suka aja sama dia !
“Gini deh ! Anggap aja cinta pertama itu adalah pacar pertama. Gimana setuju ?” Oh nanti dulu, ada yang saya suka setengah mati tapi gak bisa saya pacarin juga !
“CapekdDeuh! Ya dah serah kamu ! Jelasin sesukamu deh. Terus !”  Gini, jangan sewot dulu. Lagian kamu nanya cinta pertama, saya sendiri bingung ngejawabnya. Intinya kalo kita mau ngebahas, kita pilah-pilah dulu usia kita. Kalu saat cinta monyet, ya si Lisa itu !
“hmm tadi bingung soal cinta, sekarang cinta monyet disebutin. Jadi cinta menurut kategori menurutmu ?” Ya jelas ! Kalo udah gede gini, coba aja ente nanya sama mamanya anak-anak di rumah ! kamu jawab apa ?
“Mama anak-anak lagi merantau ! gak usah nanya ! Kalo istrimu nanya, kamu jawab apa ?” Ya jelas cinta pertamaku dia dong !
“Minta ampun ribet amat ya omong sama kamu ! Jadi maksud kamu setiap kategori punya cinta pertama ?” Mungkin juga iya. Kalo pas cinta monyet, ya si Lisa. Kalo cinta matang, artinya udah pake cium-ciuman gitu, ya si Rani. Kalo cinta udah omongin menikah, ya mamanya anak-anak ini !
“Hadeuh ribet, jadi cinta pertama mu ada tiga menurut setiap kategori ? Kok bisa ? Ya sudah anggap aja begitu, dari ketiga orang itu siapa yang pertama ?” Nah kamu lagi, ya jelas yang cinta monyet itu dong, si Lisa ! kan menurut urutan waktu ?
“Hmmm (emosi jiwa), ya deh ! Anggap aja gitu deh dari pada kita kelahi ! ” Ehh.. jangan sewot dulu, kenapa saya buat per kategori, karena ’sensasinya’ beda-beda saat itu. Kadang nih, saya pacaran dengan si A, tetapi biasa-biasa aja. Nah saat ketemu si B, sensasinya luar biasa ! Nah bisa jadi pada saat sama si B,  itulah cinta sebenarnya !
“Oh jadi cinta pertama itu, diukur dari sensasinya ? Kalo gitu siapa yang sensasinya lebih dari semua pacar-pacar mu !” Kok kamu nanya ! Jelas mamanya anak-anak dong ! Kalo gak ada sensasi,  gimana mau ‘brojol’ tuh si kecil di rumah
“Kata orang, first love never die ! Nah sapa tuh dari mereka yang masih teringat ?” Sudah pada mati semua cintanya, tapi kalo mau dinget-inget sih nongol lagi di kepala ! Jadi mau inget yang mana nih ?
“Capek saya omong sama kamu ! Ya sudah, jadi siapa cinta pertamamu ? Ini pertanyaan terakhir !” BU GURU !
“Hadehhhh… bubarrrrrrrr bubarrrrrrrrrrr !” hahahaha…..
***
Kira-kira mungkin begitu, diskusi imajiner kalo saja saya mengulanginya lagi dengan dia. Intinya dia akan sulit menentukan cinta pertamanya. Bahkan terakhir saya bertemu dengannya, dia bilang lagi jatuh cinta lagi dengan seseorang. Memang susah diskusi soal cinta dengan para mantan ‘player’.
Namun ada beberapa hal yang saya bisa petik dari pikiran ‘imajiner’ dia, bahwa cinta pertama belum tentu adalah pacar pertama. Bahkan ketika kita mengingat-ingat kembali dan menentukan cinta pertama itu sendiri, kita akan mengukur dari ’sensasinya’ atau perasaan cinta yang luar biasa pada seseorang yang membedakanya dengan orang lain. Tetapi kalo saja mendifinisikan cinta pertama itu adalah urutan waktu, mungkin teman kita pada saat kecil atau remaja bisa disebut sebagai cinta pertama kita.
Nah setiap orang punya definisi sendiri. Anda sendiri punya cinta pertama siapa dan kapan ?

0 komentar: